1. Spiritual
Sebagai seorang pembelajar muslim, kemampuan memahami dan mengamalkan nilai-nilai serta ajaran agama Islam baik dari segi akidah, ibadah, maupun akhlak menjadi poin penting yang harus dicapai. Tidak hanya itu, pandangan hidup islam (islamic worldview) menjadi dasar pandangan hidup yang harus ditanamkan dan direalisasikan di dalam kehidupan siswa sehari-hari, baik di masa ini maupun di masa mendatang.
2. Skill
Kecakapan seseorang di dalam menjalankan, mengerjakan, dan merealisasikan sesuatu menjadi bukti atas pemahamannya terhadap hal-hal yang sedang dan/ atau harus dihadapi. Oleh karena itu, di dalam proses pembelajaran, penyampaian teori saja tidaklah cukup. Para siswa harus diberi waktu dan kesempatan untuk praktik, terjun langsung menghadapi berbagai macam hal sembari mempelajari dan mengeksplorasi sehingga muncul ide-ide baru untuk melakukan perbaikan dan/atau inovasi (pengembangan). Oleh karena itu, beberapa skill yang akan dikembangkan di dalam kurikulum unggulan SMA Masa Depan adalah Analytical and Critical Thinking, Problem Solving, Collaboration-Cooperative, Creation, Communication, Metacognition, Self-management, dan Qur’an Literacy.
3. Behavior
Seseorang perlu memiliki kecakapan emosional dalam menjalankan, mengerjakan, dan merealisasikan sesuatu. Hal ini menunjukkan pemahaman seseorang terhadap solusi dan/atau apa yang harus dilakukan ketika menghadapi suatu hal. Kecakapan yang berkaitan dengan emosi ini harus dilatih terus menerus dan dikembangkan di dalam proses pembelajaran sehingga tumbuh menjadi kebiasaan, kemudian mengakar kuat ke dalam pribadi masing-masing siswa sebagai karakter yang unggul. Oleh karena itu, poin-poin behavior yang akan dikembangkan di dalam kurikulum unggulan SMA Masa Depan adalah Inquirers, Emotional Control, Initiative, Persistent – Growth Mindset, Open-minded and tolerant, Caring and Social Awareness, Integrity, dan Reflective.